Header Ads

Meriah, Tradisi Kupatan Trenggalek

Polres Trenggalek – Tradisi kupatan atau lebaran ketupat yang dilaksanakan tiap tanggal 8 syawal di Kabupaten Trenggalek berjalan cukup meriah. Sejak pukul 07.00 Wib pengendara sudah memadati jalan raya khususnya di wilayah kecamatan Durenan, Kelutan Trenggalek, Tugu, Munjungan dan Karangan. Beberapa simpang jalan terpaksa ditutup guna mengantisipasi kemacetan panjang. Minggu (02/07).

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., Msi. Bersama dengan jajaran Forkopimda lainnya turut serta merayakan kupatan yang sudah menjadi tradisi turun temurun ini. Rombongan Forkopimda berangkat bersama-sama dari Pendopo Kabupaten menuju kelurahan kelutan dimana digelar gebyar kupatan yang menampilkan banyak hiburan diantaranya pawai ketupat, tari jaranan, reog hingga musik electone. Tak ketinggalan ketupat gratis disediakan warga bagi para pengunjung.

Selanjutnya, rombongan Forkopimda bersilaturahmi dibeberapa tokoh masyarakat, tokoh agama dan pengasuh pondok pesantren di kecamatan Durenan

“Masih dalam suasana Lebaran, kami manfaatkan pula untuk bersilaturahmi kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat,” terang AKBP Donny.

Guna mengamankan kegiatan yang digelar bersamaan ini, Polres Trenggalek menerjunkan sedikitanya 300 personel,  dibantu petuga TNI, Dishub, Satpol PP, Banser, Komunitas Radio serta instansi terkait lainnya. Dari jumlah personel tersebut dibagi di beberapa titik pengamanan meliputi pengamanan jalur, pengamanan lokasi kegiatan dan petugas patroli mobiling.

Dikonfirmasi saat mendampingi Bupati Trenggalek di Pondok Tengah kecamatan Durenan, AKBP Donny menerangkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi berbagai kerawanan yang dimungkinkan timbul saat perayaan kupatan.

“Kami all out mengamankan kupatan ini. Jauh hari sudah dilakukan survei untuk menentukan jalan alternatif jika terjadi kemacetan panjang. Kami juga turunkan petugas ununiform mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas. Insyaallah semua akan berjalan lancar aman dan nyaman” ujar AKBP Donny



from BERITA POLISI http://ift.tt/2tz9ybQ
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.