Header Ads

Detik Profil : Kombespol Dwi, “Mutiara Bhayangkara”

  • Detik.in, 02/07/2017 – Dengan rumus apapun, sampai kapanpun, dalam masyarakat yg rendah kesadaran hukumnya, polisi pasti akan ada yang membenci. Catat pasti akan ada yang membenci. Polisi pasti ada yang memusuhi, catat pasti ada yang memusuhi.

Mengapa??

Karena polisi tugasnya adalah pemutus awal dari perbedaan kepentingan. Polisi selalu dalam dilema perbedaan kepentingan.

Perbedaan kepentingan antara siapa dengan siapa??

Perbedaan kepentingan antara manusia yg dalam sejarahnya sdh lahir dengan kepentingan yg berbeda.

Ketika perbedaan kepentingan itu harus diatur dalam kehidupan, maka perlu ada aturan. Ketikan aturan masih dilanggar maka harus ada yang menegakkan. Dan ketika aturan ditegakkan, maka tidak ada satupun orang yang suka untuk ditindak apalagi dihukum.

Ketika orang tidak suka ditindak dan dihukum, maka berbagai upaya akan dilakukan. Melawan secara langsung adalah pilihan pertama.

Pilihan berikutnya adalah segala kekuatan dalam dan luar dirinya akan dikerahkan.

Akibatnya polisi sebagai representasi negara harus juga melawan karena kalau tidak melawan, maka negara dianggap gagal.

Kalau petugas pemadam yang hanya berhadapan dengan api saja punya resiko terbakar.

Kalau petugas kebersihan yang hanya berhadapan dengan sampah saja punya resiko kotor. Kalau petugas PLN yang berhadapan dengan aliran listrik punya resiko tersetrum.

Kalau petugas pertolongan laut yang berhadapan dengan air punya resiko tenggelam.

Maka Polisi yang tiap hari berhadapan dengan orang bermasalah sudah pasti akan punya resiko bermasalah dengan orang bermasalah. Sudah pasti punya resiko lebih besar karena yang dihadapi adalah orang bermasalah yang punya akal dan otak bermasalah.

Hiduplah selalu jadi polisi yang ikhlas. Karena kita tidak pernah tau siapa yang benar benar tulus dengan kita. Seperti sebuah ungkapan menarik dalam film Edge of Tomorrow, ” LINDUNGI DIRIMU SENDIRI KARENA KITA TIDAK TAU SIAPA YANG BISA MELINDUNGI KITA.”

Hanya Allah SWT yang bisa melindungi kita. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua. Amiiin…

Dirgahayu Bhayangkara ke 71, 1Juli 2017.

Ttd,

Irwasda Polda Sulawesi Tengah

Kombespol Drs. Dwi Setiyadi S.H., M.Hum



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2t6rOsn
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.